Ubah Tampilan Ruangan dengan Kreasi Gorden

>> Friday, July 29, 2011

TAK perlu melakukan perombakan besar untuk mengubah tampilan rumah. Cukup berkreasi dengan gorden, perubahan yang Anda harapkan bakal bisa tercipta.

Ditinjau dari fungsi harfiahnya, gorden merupakan lembaran kain yang kerap digunakan sebagai penutup jendela. Kehadirannya kerap hanya dijadikan pelengkap ataupun aksesori jendela. Meski demikian, bukan berarti gorden tidak bisa tampil gaya. Fungsi benda satu ini hampir sama dengan furnitur maupun aksesori lain, karena ia juga bisa memiliki fungsi estetika.
 


Desainer interior Khairul Amal menjelaskan, dengan gorden kita dapat melakukan perubahan pada nuansa ruangan. Ada begitu banyak inovasi yang bisa dilakukan oleh gorden. Begitu pun dengan vitrasenya, yang memiliki beragam pilihan motif serta warna. Bila ingin diaplikasikan, Anda tinggal memilih yang memang sesuai dengan kebutuhan ataupun selaras dengan warna aksesori lain di dalam ruang tersebut.

”Menerapkan gorden pada rumah tinggal cukup mudah. Jika sebelumnya warna gorden didominasi warna-warna kalem, Anda bisa mengubahnya dengan mengambil warna yang sedikit cerah. Namun, tetap harus dipadukan dengan warna vitrasenya, sehingga kombinasi warna yang ditimbulkan di dalam ruangan bisa serasi,” kata Khairul.

Ambil contoh, warna gorden yang digunakan adalah hijau tua. Anda bisa menggunakan lapisan gorden atau vitrase berwarna hijau muda agar tercipta keserasian pada ruangan. Kombinasi warna gorden yang tidak sesuai dapat menjadikan rumah ”tidak nyaman”. Apalagi jika warnanya bertabrakan dengan warna tembok rumah, pasti bakal mengganggu pandangan orang yang melihatnya.

Untuk ruang tamu, karena ruangan ini umumnya memiliki akses langsung ke luar rumah, gorden harus dilapisi vitrase yang bisa dipasang sepanjang hari tanpa harus dibuka. Sementara itu, gordennya dapat dibuka dan diikat ke bagian samping jendela.

Lantaran motif, warna, serta bentuknya beragam, kehadiran gorden akan sangat membantu penampilan jendela. Model yang sesuai tentu dapat memaksimalkan jendela dalam melaksanakan fungsinya.

Ukuran jendela pun bermacam- macam, ada yang kecil ramping, lebar, besar, atau mungkin luas (tinggi dan lebar). Nah, si tirai ini dapat dipakai untuk menampilkan jendela pada kondisi apa adanya atau bisa pula digunakan untuk ”menipu” pandangan orang terhadap tampilan asli sebuah jendela. Buatlah prioritas, mana yang paling Anda butuhkan untuk mempercantik tampilan jendela dan ruangan Anda. Biasanya ukuran panjang gorden tergantung pada selera penghuni rumah. Pasalnya, ukuran panjang gorden ada yang mencapai lantai, ada juga yang hanya sebatas panjang jendela.

Tema serta konsep ruang menjadi pertimbangan penting lain saat kita hendak mengaplikasikan gorden supaya tercapai sebuah keseimbangan. Contoh, jika tema ruang tamu etnik atau tradisional, Anda boleh memilih gorden bermotif batik. Hanya, pilih yang warnanya senada dengan sofa di ruang tamu itu agar ruangan tidak terkesan terlalu ramai. Lain halnya jika ruangan Anda mengusung tema minimalis, tentu gorden yang dipilih juga harus minim detail. Namun, Anda tidak perlu terpaku pada detail gorden. Anda bisa kok bermain warna. Pilihlah warna yang senada dengan sarung bantal sofa atau warna yang ada pada taplak meja.

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP